Sabtu, 28 November 2015

Sejarah Kefarmasian 1




Ilmu resep sebenarnya sudah dikenal sejak munculnya penyakit-peyakit. Dengan adanya manusia di bunia ini mulai muncul peradaban dan mulai terjadi penyebaran penyakit yang dilanjutkan dengan usaha masyarakat untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit. Ilmua-ilmuan yang berjasa dalam perkembangan kefarmasian dan kedokteran adalah :
·         
     Hippocarates(460-370SM), adalah dokter Yunani yang memperkenalkan farmasi dan kedokteran secara ilmiah beliau juga disebut sebagai bapak ilmu kedokteran.
·     Dioscorides (abad I SM) adalah orang ahli botani asal Yunani yang memperkenalkan tumbuh-tumbuhan sebagai ilmu farmasi terapan.Buku karyanya antara lain adalah De Materia Medika, Obat-obatan yang dibuatnya, yaitu aspiridium, opium,ergot,hyosyamus, dan cinamon.
·        Galen(130-200M) adalah seorang dokter dan ahli farmasi Yunani yang karyanya berasal dari alam, formula dan sediaan farmasi adalah”Farmasi Galenika.”
·                 Philippus Aureolus Theophrastus Bombastus Von Hohenheim (1493-1541M), adalah seorang dokter dan ahli kimia dari swiss yang menyebut dirinya adalah paracelsus, sangat besar pengaruhnya terhadap perubahan farmasi, menyiapkan bahan obat spesifik dan memperkenalkan zat kimia sebagai obat internal.

Ilmu farmasi menjadi ilmu pengetahuan yang sesungguhnya pada abad XVII di prancis. Pada tahun 1797 telah berdiri sekolah farmasi pertama dan buku tentang farmasi diterbitkan dalam beberapa bentuk, antara lain buku pelajaran, majalah, farmakope, dan komentar. Kemajuan di prancis diikuti oleh negara di Eropa yang lain seperti Italia, Jerman, dan lain-lain. Di amrerika, sekolah farmasi berdiri pada tahun 1821 di philadelphia.
Sejalan berekembangnya ilmu pengetahuan, ilmu farmasipu mengalami perkembangan hingga terbagi menjadi ilmu khusus diantaranya :

·         Farmakologi adalah ilmu yang mempelajari sejarah,khasiat obat dalam segala seginya, yaitu sumber,sifat kimia dan fisiknya,efek samping, fungsi biokimiawi dan faal, cara kerja, absorbasi, nasib(distribusi, biotransformasi), ekskresinya dalam tubuh serta efek resikonya. Dan penggunaan obatnya.
·         Farmakognosi adalah ilmu yang mempelajari tentang sumber bahan oba dari alam terutama tumbuhan.
·            Galenika adalah ilmu yang mempelajari tentang pembuatan sediaan(preparat) obat dengan cara sederhana dan dibuat dari bahan alam(tumbuhan dan hewan)

·    Kimia Farmasi adalah ilmu yang mempelajari tentang kimia obat yang berhubungan dengan zat anorganik maupun organik, baik untuk tujuan pengobatan, analisis, atau pemeriksaan dan pembukuan.

Share this

Comments
0 Comments