Senin, 11 Januari 2016

Empat Anggota Baru di Sistem Periodik Unsur di Temukan





Tabel sistem periodik unsur (SPU) kini bertambah empat anggota baru. Seperti di lansir oleh web IUPAC, Para pejabat dari International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC) bersuka cita mengonfirmasi penemuan unsur 113, 115, 117, dan 118.pada saat ini ilmuwan menemukan cukup bukti untuk memberikan tempat permanen empat unsur ini di tabel periodik. Nantinya, unsur tersebut akan memerlukan nama baru yang resmi.

Keempat unsur ini adalah unsur sintetis yang hanya dapat diproduksi di laboratorium, dan akan meluruh dalam hitungan detik. Sampai saat ini, unsur 113, 115, 117, dan 118 memiliki nama dan posisi sementara di baris ketujuh dari tabel periodik. Alhasil, periode ke tujuh dalam SPU kini telah lengkap.


Seperti yang dikatakan oleh Kosuke Morita dari RIKEN di jepang, Mengatakan “ Selama lebih dari tujuh tahun kami terus mencari data secara meyakinkan mengidentifikasi unsur 113, tapi kita tidak pernah  melihat yang lain” menjelaskan salah satu dari empat element tersebut seperti dilansir Sciencealert.


Tim Morita mendapatkan pujian dengan penemuan 113, dengan demikian mereka juga memiliki hak untuk penamaan juga. Hingga saat ini, unsur 113 dengan nama sementara ununtrium dan simbolnya Uut, selain itu unsur lainya juga yaitu 115,117,dan118 turut dikenal dengan nama sementara yaitu ununpentium (Uup), ununseptium (Uus), dan ununoktium (Uuo), dari masing-masing dari unsuer akan mendapatkan nama-nama baru. 

Sumber : dari berbagai sumber

Artikel terkait dari IUPAC

Share this

Comments
0 Comments